Detail Artikel

Meskipun sekilas mudah dibuat, butuh trik untuk membuat bakso goreng. Ini dia tips agar sukses membuat bakso goreng.

TANGGAL :

  01/06/2017

SajianSedap.Com - Bakso goreng dibuat dari campuran daging, tepung sagu, telur, air, bumbu, dan perasa (garam, merica, gula, kadang MSG kalau suka). Dagingnya bisa ayam, sapi, udang, ikan, atau campuran beberapa macam daging sekaligus.

      Pada adonan bakso goreng kadang juga ditambahkan bahan pemuai agar bakso menjadi gembung. Campuran ini kemudian diadoni, dibentuk bola, dan digoreng. Beberapa bakso menggunakan kulit ayam. Tambahan bahan ini bukan semata untuk membuat bakso jadi gurih, tetapi juga untuk membentuk lubang-lubang di dalam bakso sehingga bakso menjadi gembung.
Bakso goreng yang enak ditentukan oleh beberapa hal, yaitu:

- Perbandingan daging, telur, tepung dan bumbu yang pas.
Daging yang terlalu sedikit, sementara tepung terlalu banyak akan menghasilkan bakso yang keras.

- Teknik mengadoni yang benar
Pengadonan bakso harus dilakukan saat daging masih dingin betul. Uleni terus sebelum ditambahkan tepung sagu, sampai daging kalis. Banting-banting berulang kali. Cara ini akan menghasilkan bakso yang mengembang sekaligus garing.

- Teknik menggoreng yang tepat
Menggoreng bakso harus di atas api sedang di dalam minyak yang banyak. Selama digoreng, bakso harus terus diaduk dengan punggung sendok kayu. Untuk bakso yang gembung dan berongga, lama menggoreng harus pas betul. Bila belum matang betul, bakso goreng akan keriput setelah dingin. Bila terlalu matang, bakso goreng akan keras hasilnya. Cara mengetahuinya, minyaknya sudah tidak berbuih. Kulit bakso sudah tampak tebal dan bila dipukul, bakso bunyinya nyaring.

(SP)
Foto: dok. Sajian Sedap

Tags

Top
Follow Us!